Bagaimana Cara Kerja Cable Locator


Cable locator umumnya terdiri dari dua modul - pemancar dan penerima. Cara yang sangat ampuh adalah dengan menggunakan cable locator Chauvin Arnoux. Pemancar pada dasarnya adalah generator AC yang memasok arus sinyal ke kabel bawah tanah untuk dilacak. Sinyal biasanya dapat diatur ke frekuensi tertentu oleh pemancar. Sinyal ini menciptakan medan elektromagnetik dengan frekuensi yang sama di sekitar kabel yang kemudian dapat dideteksi oleh penerima.

Cable locator Chauvin Arnoux dapat ditransmisikan ke kabel baik dengan metode koneksi langsung atau dengan metode induksi. Metode koneksi langsung adalah cara paling efisien untuk menerapkan sinyal ke kabel dan harus digunakan sedapat mungkin. Dalam metode ini, pemancar dihubungkan langsung ke kabel di satu ujung sementara ujung lainnya di-ground untuk menyelesaikan rangkaian. Sedangkan dalam metode induksi, tidak perlu membuat koneksi fisik ke kabel. Ini mentransmisikan sinyal dengan menginduksi secara elektromagnetik dari atas tanah.

Pada dasarnya ada dua jenis locator kabel tergantung pada frekuensi sinyal - frekuensi tunggal dan beberapa frekuensi locator. 

Pencari frekuensi tunggal, seperti namanya, mampu menghasilkan sinyal hanya pada satu frekuensi tinggi tertentu. Penunjuk lokasi ini sangat efektif di daerah yang tidak bersarang di mana sangat banyak kabel atau utilitas berada di bawah tanah dan berbeda satu sama lain. Karena frekuensi tinggi cenderung menginduksi ke segala sesuatu yang konduktif di bawah tanah, itu dapat menghasilkan sinyal terdistorsi untuk penerima. Dengan kata lain, sinyal frekuensi tinggi dapat diinduksi ke pipa gas atau jalur komunikasi terdekat, sehingga sulit untuk membedakan kabel.

Tembaga, aluminium, besi, masing-masing logam merespon lebih baik pada frekuensi yang berbeda. Pencari multi-frekuensi membantu Anda menyetel frekuensi pemancar sesuai dengan materi saluran. Ini membuatnya mudah untuk membedakan antara apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak. Pencari multi-frekuensi juga membantu mempermudah tugas. Frekuensi yang lebih tinggi lebih baik untuk mengambil lebih banyak sinyal sementara frekuensi yang lebih rendah membuatnya lebih mudah untuk mengikuti jalur tertentu.

Banyak pelacak atau pelacak tersedia yang mendeteksi frekuensi 60 Hz atau 50 Hz. Locator ini memungkinkan pelacakan kabel berenergi, salah satunya adalah cable locator Chauvin Arnoux. Anda bisa membelinya di Tridinamika yang dijamin harganya murah, dan terpercaya.
Diberdayakan oleh Blogger.