Apa Itu Soil Resistivity



Ukuran resistensi yang muncul dari tanah dan berbentuk dalam aliran listrik, disebut resistivitas tanah. Resistivitas tanah tergantung pada berbagai faktor seperti komposisi tanah, kelembaban, suhu, dll. Secara umum, tanah tidak homogen, dan resistivitasnya bervariasi dengan kedalaman. Tanah yang memiliki resistivitas rendah baik untuk merancang sistem pembumian. Resistivitas tanah dapat diukur dengan alat Soil Resistivity Meter Chauvin Arnoux

Resistivitas tanah terutama tergantung pada suhunya. Ketika suhu tanah lebih dari 0º, maka pengaruhnya terhadap resistivitas tanah dapat diabaikan. Pada 0º air mulai membeku dan resistivitas meningkat. Besarnya arus juga mempengaruhi resistivitas tanah. Jika besarnya arus yang dihamburkan dalam tanah tinggi, hal itu dapat menyebabkan pengeringan tanah yang signifikan dan meningkatkan resistivitasnya. 

Resistivitas tanah bervariasi dengan kedalaman. Lapisan bawah tanah memiliki kadar air lebih besar dan resistivitas lebih rendah. Jika lapisan bawah mengandung lapisan keras dan berbatu, maka resistivitasnya dapat meningkat dengan kedalaman. Jika menginginkan pengukuran yang tepat, Anda sangat disarankan menggunakan Soil Resistivity Meter Chauvin Arnoux. Apalagi dengan membelinya di Tridinamika.

Bagaimana Cara Menggunakan Soil Resistivity Meter Chauvin Arnoux


Pertama yang dilakukan adalah empat pasak tanah bumi diposisikan di tanah dalam garis lurus, berjarak sama satu sama lain. Jarak antara pasak tanah bumi harus setidaknya tiga kali lebih besar dari kedalaman pasak. Jadi jika kedalaman masing-masing pasak tanah adalah satu kaki (0,30 meter), pastikan jarak antara pasak lebih dari tiga kaki (0,91 meter). Soil Resistivity Meter Chauvin Arnoux  menghasilkan arus yang diketahui melalui dua pasak tanah luar dan penurunan tegangan potensial diukur antara dua pasak tanah dalam. Menggunakan Hukum Ohm (V = IR), tester Kebetulan otomatis menghitung resistensi tanah.

Karena hasil pengukuran sering terdistorsi dan tidak valid oleh potongan logam bawah tanah, akuifer bawah tanah, dll. Pengukuran tambahan di mana sumbu pasak diputar 90 derajat selalu dianjurkan. Dengan mengubah kedalaman dan jarak beberapa kali, profil dihasilkan yang dapat menentukan sistem ketahanan tanah yang cocok.

Cukup mudah bukan menggunakan Soil Resistivity Meter Chauvin Arnoux? Maka dari itu, beli sekarang juga di Tridinamika.com dan dapatkan harga yang murah dan dijamin terpercaya!

Diberdayakan oleh Blogger.