Data Acquisition Sistem

Data Acquisition Sistem

Data Acquisition sistem
-
Data Acquisition yang disingkat dalam DAS atau DAQ ialah  alat atau proses yang dipakai  untuk mengoleksi  informasi guna  tujuan meneliti  gejala jasmani  atau listrik laksana  tegangan, arus, suhu, desakan  atau suara pada memakai  komputer.

Sistem Data Acquisition meliputi:
Sensor
Alat pengukur DAQ / perlengkapan  Data Acquisition
Komputer dengan perangkat empuk  di dalamnya.

Dibandingkan dengan sistem pengukuran lama, sistem Data Acquisition terkomputerisasi memanfaatkan kekuatan pemrosesan, produktivitas, tampilan, dan konektivitas komputer standar industri yang menyerahkan  solusi pengukuran yang lebih kuat, fleksibel, dan irit  biaya.

Apa peran sensor dalam Data Acquisition?

Pengukuran gejala jasmani  seperti suhu sekitar, intensitas sumber cahaya atau gaya yang diterapkan pada objek dibuka  dengan sensor. Sensor pun  disebut transduser, mengolah  gejala jasmani  menjadi sinyal listrik yang bisa  diukur.

Tergantung pada jenis sensor, output listrik barangkali  dalam format  tegangan, arus, resistansi atau atribut listrik lainnya yang bervariasi dari masa-masa  ke waktu. Beberapa sensor mungkin membutuhkan  komponen dan sirkuit ekstra  untuk menghasilkan sinyal yang akurat dan aman guna  dibaca oleh perlengkapan  Data Acquisition.

Jenis sensor pun  bervariasi tergantung pada fenomena  yang diinginkan.
  • Termokopel, RTD, termistor guna  mengukur suhu atau gejalanya.
  • Sensor fotolistrik guna  mengukur fenomena  cahaya.
  • Mikrofon untuk fenomena  suara.
  • Strain gauge, transduser piezoelektrik untuk fenomena  kekuatan dan tekanan.
  • Potensiometer, LVDT, optical encoder guna  posisi dan fenomena  gerakan.
  • Accelerometer untuk fenomena  percepatan.
  • Elektroda PH untuk fenomena  kelembaban.

Apa perangkat  pengukur DAQ?

Perangkat Data Acquisition bermanfaat  sebagai antarmuka antara komputer dan sinyal eksternal. Ini bermanfaat  seperti perlengkapan  yang memindai sinyal analog yang masuk sampai-sampai  komputer bisa  membacanya. Tiga komponen utama perlengkapan  DAQ yang dipakai  untuk mengukur sinyal ialah  sirkuit pengkondisi sinyal, konverter analog-ke-digital (ADC), dan bus komputer.
Banyak perlengkapan  DAQ menyertakan fitur-fitur lain guna  mengotomatisasi sistem dan proses pengukuran. Misalnya, konverter digital-ke-analog (DAC) mengantarkan  sinyal analog, drainase  I/O digital memasukkan dan mengantarkan  sinyal digital, dan penghitung masa-masa  mundur dan menghasilkan ketukan digital.Data Acquisition sistem

Komponen pengukuran utama kotak perlengkapan  DAQ.


Pengkondisian sinyal

Sinyal dari sensor atau dari luar dapat mengakibatkan  kebisingan atau terlalu riskan  untuk diukur secara langsung. Rangkaian pengkondisian sinyal memanipulasi sinyal dalam format  yang cocok  untuk input ke ADC. Sirkuit ini dapat merangkum  amplifikasi, redaman, penyaringan, dan isolasi. Beberapa perlengkapan  DAQ dilengkapi pengkondisi sinyal bawaan yang dirancang guna  mengukur jenis sensor tertentu.

Konverter analog-ke-digital (ADC)

Sinyal analog dari sensor me sti dikonversi menjadi sinyal digital sebelum dimanipulasi oleh komputer. ADC ialah  chip yang meluangkan  representasi digital dari sinyal analog secara instan. Dalam pemakai annya, sinyal analog terus berubah dari masa-masa  ke waktu, dan ADC memungut  “sampel” dari sinyal periodik pada tingkat yang sudah  ditentukan. Sampel-sampel ini lantas  dikirim ke komputer melewati  bus komputer di mana sinyal pribumi  direkonstruksi dari sampel ke dalam perlengkapan  lunak.

Bus komputer

Perangkat DAQ terhubung ke komputer melewati  konektor atau port. Bus komputer bermanfaat  sebagai antarmuka komunikasi antara perlengkapan  Data Acquisition dan komputer untuk mengantarkan  instruksi dan data yang diukur. Perangkat Data Acquisition ditawarkan pada bus komputer yang sangat  umum, tergolong  USB, PCI, PCI Express dan Ethernet. Baru-baru ini, perlengkapan  Data Acquisition terdapat  untuk Wi-Fi 802.11 guna  komunikasi wireless / nirkabel. Ada tidak sedikit  jenis bus, setiap  menawarkan manfaat bertolak belakang  untuk sekian banyak   jenis aplikasi.

Apa peran komputer dalam Data Acquisition?


Komputer yang dilengkapi perangkat empuk  mengontrol operasi perlengkapan  DAQ dan dipakai  untuk memproses, melihat, dan menyimpan data pengukuran. Berbagai jenis komputer dipakai  dalam sekian banyak   jenis aplikasi. Komputer desktop dapat dipakai  di laboratorium guna  pemrosesan energi, laptop di lapangan guna  portabilitas, atau komputer industri dapat dipakai  di pabrik guna  daya tahan.Data Acquisition sistem

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.