Logic Data Logger Berkualitas Tinggi

Logic Data Logger Terbaik
Logic Data Logger Terbaik

Logic Data Logger - Data logger adalah suatu alat elektronik yang berfungsi mencatat data suhu dan kelembaban dari waktu ke waktu secara continue. Beberapa data logger menggunakan personal komputer dan software sebagai tempat menyimpan data dan menganalisis data. Data yang disimpan di harddisk dapat diakses kapanpun kita inginkan. Hal ini termasuk beberapa perangkat akuisisi data seperti plug-in board atau sistem komunikasi serial yang menggunakan computer sebagai sistem penyimpanan data real time.

Hampir semua pabrikan menganggap sebuah data logger adalah sebuah perangkat yang berdiri sendiri (stand alone device) yang dapat membaca berbagai macam tipe sinyal elektronika dan menyimpan data di dalam memori internal untuk kemudian di-download ke sebuah komputer. Logging data (data logging) adalah proses otomatis pengumpulan dan perekaman data dari sensor untuk tujuan pengarsipan atau tujuan analisis. Sensor digunakan untuk mengkonversi besaran fisik menjadi sinyal listrik yang dapat diukur secara otomatis dan akhirnya dikirimkan ke komputer atau mikroprosesor untuk pengolahan.

Logic Data LoggerPengertian lain dari data logger (perekam data suhu) adalah sebuah alat elektronik yang mencatat data suhu dan kelembaban di suatu tempat dari waktu ke waktu. Atau secara singkat data logger adalah alat untuk melakukan pemantauan suhu dan kelembaban udara di suatu daerah. Biasanya ukuran fisiknya kecil, bertenaga baterai, portabel, dan dilengkapi dengan mikroprosesor, memori internal untuk menyimpan data dan sensor. Beberapa data logger diantarmukakan dengan komputer dan menggunakan software untuk mengaktifkan data logger melihat dan menganalisis data yang terkumpul, sementara yang lain memiliki peralatan antarmuka sendiri (keypad dan LCD).

Data logger berbasis PC (PC-based data logger). Biasanya PC, untuk mengumpulkan data suhu dan kelembaban udara dalam rangka menganalisis dan menampilkan hasilnya secara detail. Sistem data logger juga dapat menyediakan fitur tambahan seperti perhitungan waktu proses pemantauan alarm dan kontrol. SCADA (supervisory control and data acquisition) merupakan evolusi lebih lanjut dari sistem data logger berbasis komputer, dimana data disajikan dalam bentuk grafis sehingga operator dapat mengawasi perkembangan suhu di suatu daerah atau tempat.

Logic Data LoggerKarena fleksibilitas dari data logger berbasis computer ini, mereka sekarang digunakan dalam berbagai tempat seperti museum dan rumah kaca. Sistem data logger memiliki skalabilitas yang tinggi dan setidaknya 8 input hingga ribuan. Peralatan dasar untuk pengukuran berbasis computer terdiri dari sensor untuk mendeteksi suhu dan juga kelembaban udara sekitar. Biasanya, sensor yang dipasang ke perangkat sinyal input-output yang pada gilirannya dihubungkan ke computer menggunakan port standar seperti RS232, Ethernet atau USB. Atau dipasang langsung ke bus komputer.

Salah satu keuntungan menggunakan data logger adalah kemampuannya secara otomatis memonitor suhu dan kelembaban udara setiap 24 jam. Setelah diaktifkan, data logger digunakan dan ditinggalkan untuk mengukur dan merekam suhu dan kelembaban udara selama periode pemantauan. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang kondisi lingkungan yang dipantau.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.